Monday, January 2, 2017

Blogger VS WordPress Self Host, Platform Mana yang Lebih Baik ?

Blogger VS WordPress, Siapa yang tidak kenal dengan 2 Platform yang terkenal ini, 2 Platform tersebut sudah dikenal setiap orang yang menekuni bidang Bisnis atau Internet Marketing, Karena 2 Platform besar ini mempunyai pengguna yang sangat banyak baik itu dalam hal gratis, berbayar, performa, tampilan, optimasi dan juga kelengkapan fitur. Dalam hal ini banyak sekali para Blogger pemula yang ingin terjun di dunia blog masih kebingungan dalam memilih Platform yang cocok untuk mereka, Bagi kalian yang kebingungan dalam memilih Platform agar tidak mengalami masalah di kemudian hari saya akan memberikan sedikit tentang 2 Platform ini yaitu Blogger dan WordPress agar kalian tidak kebingungan lagi dan mulai melangkah jauh untuk menjalani dunia blogging. Jadi langsung saja simak tetang 2 Platform ini.

Blogger VS WordPress Self Host, Platform Mana yang Lebih Baik ?


Blogger

Blogger adalah salah satu Platform yang dinaungi oleh Google dan platform blogger ini juga sudah banyak yang menggunakannya, Mengapa saya mengetahuinya karena jika kalian mencari suatu informasi di search engine lalu di blog tersebut menggunakan domain .blogspot.com atau di negara kita .blogspot.co.id berarti sipembuat blog tersebut menggunakan platform blogger, Untuk lebih jelas lagi tetang blogger langsung saja simak Kelebihan dan Kerugian memakai Platform Blogger.

Kelebihan Platform Blogger
  • Gratis !!!
Kelebihan yang pertama dari Blogger ini adalah Gratis, Mengapa saya bilang gratis ? karena semua fitur baik itu Hosting dan juga Domain semua free, tetapi Domainnya berupa .blogspot.com jika ingin menggunakan domain yang terkenal seperti .com .net dan yang lainnya kalian bisa membelinya di tempat penyedia penjualan domain. 
  • Terintegrasi dengan semua produk Google
Kelebihan kedua yang dimiliki Blogger yaitu terintegrasi dengan semua produk Google seperti Gmail, Google+ dan yang lebih hebatnya lagi yaitu terintegrasi dengan Google Webmaster dan Google Analytic sehingga kalian lebih mudah menggunakan 2 fitur penting tersebut.
  • Tampilan yang Simpel bagi Pemula
Untuk yang ini masih dibilang membingungkan karena ada yang bilang terlalu simpel dan ada yang bilang lebih baik simpel karena mudah dimengerti, ini yang menjadi bahan diskusi di salah satu forum terkenal. Jadi Kelebihan ketiga Blogger ini mempunyai ragam pendapat kalau menurut saya tampilan blogger ini sangat menguntungkan bagi para blogger pemula seperti saya jadi tidak ada kebingungan untuk mengatur blog.
  • 1 Account Banyak Blog
Kelebihan keempat ini cukup menarik dan sangat menguntungkan, karena jika kalian para blogger profesional yang tidak puas dengan pendapatan hanya dari 1 blog saja kalian bisa membuat puluhan bahkan ratusan blog jika kalian tidak puas hanya 1 blog saya, tetapi jika kalian membuat blog yang cukup banyak ini akan membuat kalian sulit atau ribet karena kalian harus membuat artikel lebih banyak lagi dan harus berpikir keras untuk membuat artikel yang berkualitas dan bukan abal-abal.
  • Aman dari Serangan Hacker 
Kelebihan inilah yang saya suka dalam menggunakan platform blogger karena aman dari hacker seperti deface karena hosting sepenuhnya dikendalikan oleh Google, dan di sisi lain jika kita sudah aman dari deface masih ada satu lagi kerisauan pada setiap blog baik itu blogger maupun wordpress yaitu Auto Visitor serangan ini akan terjadi jika kompetitor kalian berniat jahat atau ada orang jahit terhadap kalian, jika blog kalian terkena Auto Visitor maka kalian bisa di banned atau deindex oleh google, jadi untuk mengatasinya sebaiknya kalian harus baik di dunia internet dan tidak terkenal dengan tingkah laku jahat di internet itu akan membuat kalian aman dari serangan orang jahil.
  • Pilihan Tampilan Blog yang sangat banyak ( Template )
Dan ini adalah kelebihan terakhir menurut saya yang dimiliki Blogger yaitu Template yang sangat banyak dan beragam tampilannya, Untuk tampilan blogger atau template sebaiknya saya sarankan memakai yang simpel-simpel saya atau tidak membuat si pembaca sulit untuk membaca informasi yang kita sampaikan dan juga blog kalian harus Fast Loading. Hal ini juga sangat berpengaruh pada SEO blog kalian.

Baca Juga : 5 Daftar Pemendek Url Situs Terbaik dan Terbukti Membayar

Kekurangan Platform Blogger
  • Tidak Mempunyai Fitur Plugin
Kekurangan yang pertama ini adalah tidak mempunyai Plugin, Plugin ini sangat berpengaruh sekali terhadap blog karena untuk mengoptimasi blog kalian agar lebih SEO dan lebih Profesional, tetapi jika kalian ingin melakukan Optimasi bisa kalian gunakan dengan cara optimasi di Template kalian dengan benar agar blog kalian mempunyai SEO yang bagus dengan tampilan Profesional.
  • Penghapusan Blog Tanpa Sepengetahuan Jika Melanggar
Google bisa saja menghapus blog kalian tanpa sepengetahuan kalian jika kalian melanggar atau tidak mematuhi syarat ketentuan dan kebijakan yang diberikan oleh Google, jadi kalian harus berhati-hati terhadap hal yang satu ini, Untuk mengatasinya sebaiknya kalian membuat blog dengan benar tidak menggunakan hal-hal negatif atau membuat perpecahan antar kelompok.

Jika tadi kita sudah melihat Kelebihan dan Kekurangan Blogger sekarang langsung saja kalian simak Kelebihan dan Kekurangan WordPress Self Host agar kalian lebih mengetahui lagi dan menambah wawasan kalian di dunia blog.

WordPress

WordPress adalah salah satu Platform yang memiliki pengguna yang cukup banyak. Bagaimana cara mengetahui blog itu dibuat dari WordPress dengan melihat domain blog tersebut jika domainnya .wordpress.com maka pemilik blog tersebut menggunakan WordPress, Tetapi jika kalian ingin mengganti domainya bisa kalian ganti sesuai dengan keinginan kalian seperti .com .net, langsung saja simak Kelebihan dan Keuntungan memakai WordPress.

Kelebihan Platform WordPress Self Host
  • Lebih leluasa Dalam Mengatur Website
Kelebihan yang satu ini cukup sangat menguntungkan karena kalian bisa mengatus website kalian sepuasnya tanpa ada hambatan dan juga kesulitan seperti kalian bisa mengedit website tersebut, mengganti tema website, menambahkan widget, dan juga yang lebih hebatnya lagi blog kalian bisa kalian buat menjadi Toko Online atau sering disebut Ol Shop.
  • Optimasi Seo Yang PowerFull
Kelebihan ini yang banyak orang senangi karena pada wordpress self host ini tersedia banyak optimasi untuk website kalian berupa plugin, dan Plugin ini yang akan kita pergunakan untuk membuat website kalian Seo atau lebih Profesional sehingga memudahkan website kalian menuju page one di search engine.
  • Website Terlihat Lebih Profesional dan Elegant
Website Profesional dalam arti website kita sudah siap tempur di search engine, dan membuat pengunjung betah berada di website kita karena dengan tampilan elegant, Jadi untuk itu kalian harus menggunakan Template atau tema yang lumayan bagus dan tidak terlalu banyak widget yang menutupi artikel tersebut.
  • Tidak ada Persyaratan atau Ketentuan untuk Website kalian
Kelebihan ini adalah yang paling banyak disenangi oleh orang yang membuat website negatif yang hanya mengincar trafic besar seperti melakukan berita hoax atau tidak benar, dan juga membuat toko online yang hanya untuk mencari target untuk menipu. Jadi untuk saran saya sebaiknya kalian gunakan kelebihan ini yang baik-baik saja dan jangan menggunakan kelebihan ini untuk mengincar trafic saja karena itu tidak Halal atau tidak berkah nantinya.

Kekurangan Platform WordPress Self Host
  • Berbayar !!!
Jika kalian sudah melihat kelebihannya yang cukup membuat keuntungan bagi kalian tetapi disisi lain WordPress Self Host ini mempunyai kekurangan yaitu kalian harus mempunyai Domain dan Hosting kalian sendiri, jadi untuk itu kalian harus mengeluarkan uang yang lumayan untuk membeli domain dan hosting, jangan khawatir dengan harga yang cukup mahal bagi kalian yang tidak cukup dananya kalian bisa menunggu salah satu website penyedia domain dan hosting memberikan promo atau diskon yang besar-besaran. Untuk saran yang satu ini kalian harus pintar dalam memilih domain dan hosting kalian, untuk membelinya kalian bisa cari yang sudah mempunyai banyak pengguna atau testimoninya sudah terbukti.
  • Mudah Terkena Serangan Hacker
Kerugian yang satu ini yang perlu kalian waspadai karena hal ini bisa muncul tanpa kita duga atau dalam arti tiba-tiba jadi kalian harus siap untuk menerima atau menghadapi serangan hacker pada website kalian. Para hacker biasanya menyerang dengan DDOS, Brute Attack Force, Deface dan masih banyak lagi. Para hacker ini menyerang bertujuan yang sangat beragam seperti mencuri akun kalian dan ada juga yang hanya untuk bersenang-senang saja. Cara mengatasinya kalian harus mempunyai Plugin-Plugin yang bertujuan untuk melindungi website kalian.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus Shortcut di Flashdisk Dengan Mudah

  • Sering Mengalami Masalah Server Down
Pada masalah ini sering kalian jumpai jika kalian pengguna WordPress Self Host, Hal ini dapat kita jumpai ketika website kalian mempunyai pengunjung yang tiba-tiba cukup banyak dan melebihi perkiraan kalian sehingga Server pada website kalian akan Down, dan biasanya untuk mengatasinya sebaiknya menggunakan Plugin yang berguna untuk melindungi website kalian dari serangan DDOS yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sudah kalian lihatkan secara mendetail perbandingan antara Blogger dan WordPress Self Host, perbandingan diantara 2 platform itu hanya sedikit, seperti blogger tidak menggunakan plugin dan juga WordPress Self Host yang mengeluarkan uang untuk optimasi profesional. Jadi saran dari saya sebaiknya kalian memilih Platform yang menurut kalian sesuai keinginan kalian dan jangan hanya untuk sebentar melainkan untuk selamanya karena jika kalian bertujuan untuk mencari uang sebaiknya pelajari dulu baru bertindak. dan 2 Platform tersebut juga sama-sama mempunya keuntungan juga kok. seperti memperbolehkan menaruh iklan sehingga kalian yang ingin mencari uang melalui internet bisa kalian pergunakan cara blog ini untuk ladang penghasilan kalian. Semoga Artikel diatas bermanfaat untuk kalian dan kalian tidak akan salah dalam memilih suatu Platform untuk kegiatan blog kalian, dan jangan lupa share ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahuinya. Semoga Sukses.

6 komentar

Dari dlu ane suka blogger,,Karena grtisanπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Kalo menurut saya sih blogspot lebh mudah ya gan . Walaupun fitur nya lebih banyak WP tapi sampai sekarng saya mash setia sama blogspot hehhehe

udah deh jadi Blogger baik-baik aja biar gak di banned si mbah google

tapi ane juga pake wordpress.org gan dan yah,, lumayan mudah cara pakainya,, tidak perlu pintar coding..

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon