Tuesday, July 12, 2016

Pengertian Komputer dan Manfaatnya

Komputer, Benda yang satu ini adalah benda yang paling berguna bagi kita, karena semakin dunia ini sudah semakin modern dan komputer adalah salah satu benda modern yang membantu kita dalam suatu hal yang tidak dapat kita kerjakan, dan kita ketahui melalui komputer ini kita dapat dibantu dalam hal alat hitung dan mengerjakan suatu tugas, tetapi disisi lain komputer terdapat juga hal negatif seperti orang yang kecanduan dalam bermain komputer sehingga ia melupakan waktu dan melihat suatu yang tidak pantas dia lihat. Pada zaman dahulu hingga sekarang komputer mengalami perubahan yang cukup pesat mulai dari perangkat Hardware ( Perangkat Keras ) dan Software ( Perangkat Lunak ) semua mengalami perubahan mulai dari tampilannya dan cara kerjanya.

Pengertian Komputer, Contoh Gambar Komputer

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama membentuk sebuah sistem kerja yang dapat menjalankan kegiatan kerja secara otomatis yang berdasarkan intruksi dari Brainware ataupun program yang diberikan kepadanya sehingga menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. disisi lain pengertian komputer adalah mesin yang dapat diprogramkan atau peralatan elektronika yang menerima masukan data atau mengolah data dan memberikan hasil dalam bentuk informasi yang baik berupa gambar, video, teks ataupun suara.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli : 
  • V.C Hamacher : Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi melalui input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang disimpan di memory yang menghasilkan output berupa informasi.
  • Robert H. Blissmer : Komputer adalah suatu alat elektronik yang bisa melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input dan menyimpan perintah-perintah.
  • Donald H. Sanderes : Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menyimpan data dan menerima data input.
  • Elias M. Awad : Komputer adalah sebuah alat hitung yang memproses data untuk disajikan dalam bentuk data digital dan data analog.
  • William M. Fuori : Komputer adalah suatu alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan data yang besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika dan tanpa bantuan manusia.
Jadi, sudah kalian lihat bersama berdasarkan pendapat para ahli mengenai Pengertian Komputer semua cukup berbeda tetapi memiliki makna yang sama yaitu dapat memproses dan dapat melakukan perhitungan yang besar secara cepat dan tepat, dan berikut adalah manfaat dari komputer bagi manusia.

Manfaat Komputer Bagi Manusia

Tadi kita sudah melihat Pengertian Komputer baik secara umum maupun menurut para ahli, dan disisi lain komputer juga memiliki manfaat bagi manusia bagi kalian yang belum mengetahui apa manfaat komputer bagi manusia langsung saja kalian lihat bersama.

1. Komputer Sebagai Sarana Mempermudah Kerja

Komputer Sebagai Sarana Mempermudah Kerja

Komputer juga bermanfaat pada manusia yaitu mempermudah kerja, bagi orang yang bekerja di kantoran dahulu ketika mereka ingin mengetik sebuah surat dengan mesin tik jika ada salah kata atau salah dalam mengetik maka kertas tersebut akan di robek dan dibuang karena pada mesin tik dia tidak bisa dihapus, dengan adanya komputer mempermudah kerja kita dalam hal mengetik jika kita terdapat salah dalam menulis atau mengetik maka kita bisa menghapus dan mengeditnya kembali sampai hasil dari suratnya itu memuaskan.

2. Komputer Sebagai Sarana Komunikasi


Komputer Sebagai Sarana Komunikasi

Pada zaman dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dari kita, maka kita menggunakan telepon dan hasilnya hanya bisa mendengar suaranya saja, tetapi dengan adanya komputer kita dapat berbicara dan melihat orang tersebut melalui webcam tanpa bertemu orang tersebut.

3. Komputer Sebagai Sarana Hiburan


Komputer Sebagai Sarana Untuk Bermain Game dan Hiburan

Manfaat yang satu ini juga sering kita temukan disekeliling kita mengapa di katakan komputer sebagai sarana hiburan karena dulu ketika kita ingin menghibur diri dengan menyanyi dan menonton film maka yang kita gunakan adalah DVD, Televisi, dan Radio itu tidak dapat memuaskan kita karena jika kita menginginkan sesuatu untuk ditayangkan maka itu tidak akan terjadi karena semua sudah dijadwalkan oleh pihak Televisi ataupun Radio tetapi jika kita menggunakan Komputer maka kita bisa memilih video atau lagu kesukaan kita hanya perlu menggunakan internet, dan kita juga dapat menghibur diri dengan bermain games, dikomputer terdapat banyak game yang hanya memerlukan internet maka apa yang kalian inginkan semua ada.

4. Komputer Sebagai Sarana Informasi


Komputer Sebagai Sarana Semua Informasi Terlengkap dan Terpercaya

Bagi kalian yang ingin mengetahui informasi terkini di sekeliling kali tanpa harus menuju lokasi atau keluar rumah, maka kalian juga bisa menggunakan komputer yang hanya terkoneksi internet saja kalian bisa melihat semua informasi baik itu di lokal maupun luar negeri, dengan kalian mengetahui informasi terkini maka kalian tidak akan ketinggalan zaman atau sudah ketinggalan informasi. Dengan melihat komputer semua informasi bisa kalian dapatkan seperti informasi pendidikan, informasi hiburan, informasi olahraga, informasi perdagangan, dan informasi kesehatan.

Nah, sudah kita lihat bersama itu tadi Pengertian dan juga Manfaat dari Komputer, jadi bagi kalian yang mempunyai komputer maka beruntunglah kalian, karena di zaman yang semakin modern kita harus mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita dan kita tidak boleh ketinggalan dengan hal tersebut. jadi manfaatkanlah komputer kalian semaksimal mungkin dan jangan terlalu sering bermain komputer karena itu akan berdampak pada kesehatan kalian maka aturlah waktu dimana untuk bermain dan beristirahat. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan menambah wawasan kalian dibidang komputer dan tunggu artikel kami selanjutnya.

11 komentar

thanks gan bermanfaat sekali infonya

bagus gan pemaparannya, komputer benar2 dibutuhkan pada zaman sekarang ini

makasih gan., jadi tahu lebih tentang fungsi komputer..

kalo saya manfaat komputer sebagai sarana hiburan :D

ini kaya pelajaran smp nih waktu dulu ane hehehe

terimakasih pengertiannya sangat lengkap gan :)

nice gan, sangat membantu, dapat menambah ilmu .terima kasih

Iyah mas, sekarang zaman digial semua serba teknologi.
Semoga Bermanfaat

wah pasti keperluan game yah mas..

Iyah mas ini Pelajaran SMP yang sangat penting bagi orang awam yang belum mengetahui Komputer

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon