Thursday, December 8, 2016

Cara Mudah Mengetahui Kapasitas Hard Disk Melalui Command Prompt

Hard Disk, adalah perangkat keras berupa Penyimpanan Data. Harddisk ini memiliki 2 jenis yaitu Harddisk Eksternal dan Harddisk Internal, walaupun berbeda nama tetapi keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu menyimpan data. Hard Disk ini juga sangat berperan penting dalam komputer karena benda ini adalah pusat untuk menyimpan semua data yang di simpan komputer ataupun brainware. Bagi kalian yang belum mengetahui Brainware langsung saja simak Apa Itu Brainware ?

Mengapa Hard Disk Berguna Kepada Brainware ? 
Hard Disk ini berguna kepada Brainware karena Hard Disk inilah yang akan menampung semua data-data yang di miliki oleh Brainware, Contoh : ada seorang Gamers yang senang bermain game, dan hard disk ini berperan kepada gamers tersebut, karena hard disk inilah yang akan menampung semua data-data game saya seperti Save game tersebut ataupun file-file pendukung lainnya. ada lagi sebuah contoh lainnya yaitu seorang Blogger yang sedang menulis dan pada suatu waktu dia membutuhkan gambar untuk artikelnya lalu dia membuat gambar tersebut melalui salah satu software andalannya, dan hard disk inilah akan akan menampung semua data-data software tersebut seperti file exportnya, bahan gambar, template hasil buatannya dan lain-lainnya, Jadi kesimpulannya hard disk sangatlah penting.

Kembali ke topik pembicaraan bagi kalian yang ingin mengetahui kapasitas hard disk kalian apakah sudah penuh ataupun kosong, pasti kalian akan kebingungan untuk melihat ketika menggunakan cara manual, dan disini saya akan memberitahu kalian dengan mudah mengetahui berapa kapasitas hard disk kalian melalui software yang sangat bermanfaat ini yaitu Command Prompt, langsung saja simak tutorial dibawah.

Mengetahui Kapasitas Hard Disk Melalui Command Prompt


  • Buka terlebih dahulu Software Command Prompt, lalu ketik perintah di Command Prompt diskpart. Untuk lebih jelas lagi lihat gambar dibawah ini.
Cara Mengetahui Kapasitas Hard Disk Melalui Command Prompt
  • Jika sudah seperti gambar diatas langsung saja tekan enter pada keyboard anda lalu tunggu beberapa menit, akan ada muncul berupa perintah langsung saja pilih Yes, jika sudah di pilih lalu tunggu sebentar akan ada tab cmd baru lagi muncul seperti gambar dibawah ini.
Cara Mudah Cek Kapasitas Hard Disk Melalui Command Prompt
  • Lalu jika sudah muncul tab cmd baru langsung saja ketik list volume dan tekan enter dan tunggu beberapa menit, jika sudah maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Mengetahui Kapasitas Hard Disk Melalui Command Prompt Dengan Mudah Dan Cepat
  • Inilah langkah terakhir yaitu melihat Informasi Hard Disk kalian secara cepat dan mudah melalui Command Prompt.

Mudah dan Cepatkan, Cara tersebut memang sangat mudah dan simpel tetapi masih banyak orang yang menggunakan komputer masih belum mengetahui hal ini, Semoga kalian yang membaca tutorial ini berguna untuk kalian dan juga tidak akan kebingungan lagi. Jika kalian sudah mengetahuinya ayo beritahu teman kalian agar teman kalian juga mengetahuinya dengan cara Share tutorial ini ke teman-teman kalian agar teman-teman kalian tidak kebingungan juga seperti kalian.


1 komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon