Friday, December 16, 2016

Pengertian Mikrotik dan Fungsi serta Manfaatnya

Mikrotik, adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan ( Network ) yang berpusat di Latvia berdekatan dengan negara Rusia, Mikrotik juga sangat cocok untuk ISP, Provider Hotspot dan juga keperluan Warnet ( Warung Internet ). Mikrotik yang menekuni bidang Router dan System Internet Service Provider ( ISP ) Nirkabel, berdiri sejak tahun 1995 dan dibuat oleh Perusahaan MikroTikls.

Pengertian Mikrotik Dan Fungsi Serta Manfaatnya

Mikrotik pada awalnya dibuat untuk Perusahaan Internet Service Provider ( ISP ) yang memberikan pelayanan terknologi yang berjenis nirkabel. Sampai saat ini Mikrotik telah memberikan layanan ISP sampai ke seluruh Negara di Dunia termasuk Indonesia. Mikrotik mempunyai produk unggulannya yaitu Router, Switch, Antena dan yang lainnya, dan Mikrotik juga mempunyai Produk software yang sangat banyak digunakan yaitu Mikrotik RouterOS.

Baca Juga : Cara Mengatasi dan Memperbaiki Komputer yang Cepat Panas

Bukan hanya itu saja keunikan Mikrotik ada beberapa keunikan lainnya yaitu mudah digunakan untuk keperluan Administrasi Jaringan Komputer seperti merancang sebuah system jaringan komputer dari skala yang kecil maupun yang kompleks sekalipun semua bisa dilakukan dengan mudah.

Mikrotik juga mempunya License dan License tersebut terbagi menjadi 6 Level dengan kemampuanya yang berbeda-beda ini bisa membuat anda semakin yakin menggunakan Mikrotik ini, langsung saja lihat penjelasan mengenai License Level Mikrotik :
  • Level 0 : Level yang satu ini adalah level Demo jadi ini bisa dibilang Free tanpa memerlukan biaya sedikitpun, Namun level ini mempunyai batasannya yaitu pengguna hanya menggunakan level ini hanya sampai 24 jam atau 1 hari setelah itu level ini akan Not Responding secara otomatis.
  • Level 1 : Level ini hampir sama dengan yang dimiliki level 0 yang membedakannya yaitu pengguna bisa menggunakannya untuk fungsi routing yang standar baku dengan memiliki 1 panel pengaturan dan tidak memiliki batasan waktu.
  • Level 3 : Level ini masih gratis, dengan memiliki fitur pada Level 1 serta memanagemen perangkat keras Ethernet dan perangkat wirelles client dan perangkat kartu jaringan lainnya.
  • Level 4 : Pada level 4 ini sudah dibilang berbayar dengan harga 31 dollar, Fitur pada level 4 ini sudah dilengkapi dengan level 1 dan 3 dan mempunyai kemampuan mengolah perangkat wirelles akses poin.
  • Level 5 : Level ini juga berbayar dengan harga 65 dollar, Fitur ini sudah dilengkapi dengan fitur level 1,3 dan 4 dan juga mempunyai pengelolaan hotspot yang lebih banyak lagi.
  • Level 6 : Level yang tertinggi dan sangat bagus, Level ini juga dilengkapi dengan fitur tidak ada limitnya. Level 6 ini berbayar dengan harga 155 dolar dengan memiliki kemampuan semua level dan tidak ada batas maksimal.
Note : Jika kalian pengguna Mikrotik yang ingin menggunakan Licensenya langsung saja beli di situs resmi Mikrotik dengan memilih level tersebut lalu melakukan pembayarannya dengan benar dan Pihak Mikrotik akan memberikan kode Licensenya kepada anda.
Fungsi Mikrotik

Fungsi Mikrotik adalah sebagai pusat management jaringan internet baik itu jaringan publik maupun jaringan local. bukan hanya itu saja fungsinya simak beberapa fungsi lain dari mikrotik : 
  • Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan mempermudahkan untuk pengelolahannya.
  • Pengaturan Firewall pada jaringan, berfungsi untuk memblocking situs-situs yang terlarang dengan menggunakan proxy dari mikrotik.
  • Membuat PPPoE Server.
  • Membuat Billing Hotspot.
  • Sebagai Routing antar satu jaringan dengan jaringan yang lain.
Itu tadi fungsi dari Mikrotik cukup banyak fungsinya. Setelah kita membahas tentang Mikrotik dan juga Fungsinya kali ini saya akan memberitahu kalian Manfaat menggunakan Mikrotik.

Manfaat Mikrotik

Manfaat Mikrotik salah satunya adalah sebagai VPN ( Virtual Private Network ) Server, Authentication Server. sebagai internet gateway bagi LAN ( Local Area Network ), Sebagai Acces Point, Routing, dan Bridge.

Semoga penjelasan mengenai Pengertian Mikrotik dan Fungsi serta Manfaatnya yang saya berikan bisa kalian mengerti dan pahami. Bagi kalian yang belum paham dan belum mengerti tentang Mikrotik langsung saja Comment dibawah ini, dan bagi kalian yang sudah mengetahuinya langsung saja share ke teman-teman kalian agar mereka juga mengetahuinya.

9 komentar

Jadi kita harus paham duu dengan levelnya ya, jadi kalo udah paham pasti mudah untuk mengkonfigurasi mikrotik... Nice info gan

Ohh jadi itu yah pengertian miktorik yang suka dipakai dalam VPN.

oooo.....jadi fungsi mikrotik itu sebagai pusat management jaringan internet.makasih infonya gan nambah wawasan

hadehh pusing ane blajar bginian..
tpi harus seriuss dulu

nice info gan, thank for sharing :)

wihhh keren ya ternyata fungsi mikrotiknya

akhirnya nemu pengertianya jugak, makasih gan

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon