Sunday, July 17, 2016

Cara Ampuh Merawat Hardisk Agar Tidak Rusak Lengkap

Hardisk, Benda yang satu ini adalah komponen komputer yang sangat penting, Mengapa ? Karena Hardisk merupakan Hardware yang sangat penting yang menyimpan semua data-data kalian. Jadi, jika kalian sayang dengan data kalian yang berada di komputer maka jagalah hardisk kalian agar hardisk tersebut tidak rusak, jika kalian tidak merawat hardisk dengan benar maka tingkat kerusakan hardisk sangatlah tinggi. Untuk mencegah agar Hardisk anda tidak mengalami kerusakan maka ikutilah langkah-langkah atau cara merawat hardisk dengan baik dan benar.

Cara Ampuh Merawat Hardisk Agar Tidak Rusak Lengkap

Cara Merawat Hardisk Dengan Baik Dan Benar

1. Jangan Mematikan Komputer Dengan Secara Mendadak Atau Tiba-Tiba.

Cara yang pertama ini adalah cara yang paling ampuh pertama, karena besar kemungkinan hardisk rusak itu dikarenakan penggunanya atau orang yang memakai komputer tersebut sering mematikan komputer secara mendadak atau tiba-tiba, jadi piring yang berada di hardisk itu dengan secara paksa akan berhenti mendadak dan otomatis piring yang berada di hardisk akan rusak jika pengguna sering mematikan komputernya secara mendadak atau tiba-tiba. Dan untuk mengatasi agar hardisk tidak rusak dengan cara mematikan komputer dengan benar dan sesuai prosedur yaitu dengan cara paling mudah dengan menekan tombol power yang berada di casing komputer tersebut lalu tunggu komputer hingga mati total.

2. Letakkan CPU Pada Komputer Di Tempat Yang Dialiri Udara.

Jika kalian menaruh CPU pada komputer kalian di tempat yang tidak ada aliran udara sama sekali atau lembab maka langsung saja kalian pindahkan komputer tersebut. Hal ini cukup sepele namun bisa membahayakan hardisk kalian. Sama seperti manusia jika terkena panas yang lama maka manusia akan sakit, jadi komputer sama seperti manusia jika terkena panas yang lama maka ia akan sakit atau mengalami kerusakan.

3. Lakukan Pengecekan Hardisk Dengan Defrag Secara Rutin.

Cara yang ketiga ini cukup efisien untuk menjaga kinerja hardisk, saya sarankan kalian untuk mendefrag hardisk kalian secara berkala seperti seminggu sekali atau sebulan sekali, jika kalian melalukan cara ini maka hardisk kalian akan berjalan dengan baik tanpa kerusakan apapun.

4. Jangan Menutup Lubang Casing Komputer Secara Rapat.

Cara ini sama seperti cara yang kedua, jadi hardisk memerlukan udara yang dingin untuk menjaga kinerja komputernya agar berjalan secara lancar. jika hardisk panas maka hardisk akan dapat rusak atau mengalami kinerja yang cukup lambat. Jadi berilah cela pada casing komputer kalian agar udara bisa masuk dan hardisk kalian juga terjaga suhunya dan berjalan lancar.

5. Jangan Terlalu Banyak Software Yang Berjalan Pada Hardisk.

Cara ini berlaku bagi kalian yang mempunyai komputer yang spesifikasinya masih low, karena hal ini penting agar hardisk kalian tidak bekerja terlalu keras, Jadi uninstallah Software yang bagi kalian tidak terlalu berguna agar hardisk tidak bekerja telalu keras.

Baca : Pengertian Dari Software Beserta Jenis-Jenisnya Lengkap

6. Gunakan Antivirus.

Antivirus juga berguna untuk membuat hardisk agar lebih baik, Karena banyak virus yang bisa membuat hardisk kalian rusak. Antivirus juga bermanfaat untuk melindung komputer kalian agar tidak terkena virus, maka jika komputer kalian terkena virus komputer kalian akan memiliki gangguan baik itu kinerja ataupun pemerosesnya.

7. Jangan Terlalu Sering Menginstal Ulang.

Hal ini sifatnya seperti cara yang kedua walaupun hal ini sepele tetapi bisa membuat hardisk kalian rusak, maka dari itu janganlah terlalu sering menginstal ulang suatu software, karena proses instal ulang sangat berhubungan dengan keawetan hardisk karena hardisk bekerja sangat kerasa ketika proses instal ulang berlangsung, Jadi saran saya janganlah terlalu sering menginstal ulang suatu software yang memang tidak terlalu penting agar hardisk kalian tidak rusak.

Cara tersebut sangat ampuh untuk merawat hardisk agar tidak rusak, walaupun ada beberapa cara yang sepele yang tidak terpikirkan orang sama sekali itu bisa membuat hardisk kalian rusak. Demikian artikel Cara Ampuh Merawat Hardisk Agar Tidak Rusak semoga artikel ini dapat membantu kalian pada masalah hardisk, Dan bagi kalian artikel ini sangat bermanfaat langsung saja share agar orang lain mengetahuinya.

2 komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon