Monday, July 25, 2016

Li-Fi Teknologi Masa Depan Yang Menggunakan Cahaya

Li-Fi, Kata ini pasti baru kalian dengar di dunia teknologi ? Karena ini adalah teknologi yang mampu menjadi penerus Wi-Fi, kedua nama ini cukup berbeda tetapi kegunaan dari kedua nama ini sama yang hanya membedakannya hanyalah cara kerja dari benda tersebut, mengapa dikatakan berbeda karena jika Wi-Fi menggunakan sinyal radio tetapi berbeda dengan Li-Fi yang hanya menggunakan cahaya untuk mengirimkan suatu data.

Li-Fi Vs Wi-Fi Teknologi Masa Depan Yang Sangat Terkenal Dan Berguna

Pengertian Dan Tentang Li-Fi

Li-Fi merupakan kepanjangan dari Light Fidelity, Teknologi ini merupakan hasil percobaan University College dan Oxford University. Teknologi Li-Fi ini tidak boleh di anggap remeh karena Li-Fi ini mempunyai kecepatan 100x lebih cepat di bandingkan dengan Wi-Fi saat ini atau bisa dikatakan mencapai kecepatan 1 Gbps. Cara kerja Li-Fi ini cukup mudah karena kalian cukup mencari sumber cahaya saja seperti cahaya matahari, cahaya rumah, cahaya kendaraan dan lain-lain semakin terang sumber cahaya tersebut semakin cepat akses internet yang kalian peroleh. Li-Fi ini didemonstrasikan pada tahun 2012 di Consumer Electronic Show, Las Vegas menggunakan handphone Casio untuk pertukaran data menggunakan cahaya yang diberikan pada handphone tersebut dan mampu terdeteksi sampai 10 meter.

Dalam percobaan Li-Fi di laboratorium, teknologi Li-Fi ini bisa mencapai kecepatan transfer data sebesar 224 Gbps, Namun Velmenni mencobanya di kantor dan banyak interferensi yang bisa mengurangi kecepatannya. Kata Li-Fi pertama di populerkan oleh Professor Harald Haas dari Universitas Edinburgh, yang di demonstrasikan teknologi Li-Fi di konferensi TED pada tahun 2011. Pada saat itu Professor Harald Haas memberikan sebuah video streaming menggunakan lampu LED, Professor Harald Haas mengatakan bahwa dimasa depan, bola lampu bisa dijadikan hotspot nirkabel.

Teknologi Li-Fi memiliki keuntungan yang cukup bermanfaat bagi manusia karena teknologi Li-Fi memiliki akses internet kecepatan yang sangat tinggi, dan lebih menguntungkan lagi bagi kalian yang tinggal di pelosok daerah atau daerah yang belum mengerti internet atau ketinggalan zaman dapat mengakses internet kecepatan tinggi sama seperti di kota. Jika kalian menggunakan Wi-Fi pasti harus memiliki tempat router yang tepat agar bisa di akses oleh dia atau terjangkau, tetapi dengan Li-Fi kalian tidak perlu kesulitan untuk meletakkan posisinya dimana.

Teknologi Li-Fi ini belum pasti dikabarkan untuk di publikasikan, semoga Li-Fi cepat dikeluarkan agar kalian bisa menikmati kecepatan akses internet yang super cepat, jadi kalian tidak bosan lagi untuk mendownload file-file atau game yang cukup besar.

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon