Sunday, July 3, 2016

Pengertian Brainware Beserta Contohnya

Brainware, Pada artikel saya sebelumnya membahas tentang 2 macam komponen penting yaitu Hardware ( Perangkat Keras ) dan juga Software ( Perangkat Lunak ) dengan adanya 2 komponen penting ini komputer dapat di operasikan atau digunakan secara maksimal tetapi ada 1 lagi komponen yang juga cukup penting pada komputer yaitu Brainware. dan bagi kalian yang belum mengetahui apa itu brainware dan apa fungsi dari brainware langsung saja kalian lihat.

Contoh gambar dari BrainwarePengertian Brainware

Brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoprasikan komputer. Contoh dari brainware yaitu programmer, blogger, netter dan juga orang yang menggunakan komputer juga disebut brainware. dan disisi lain juga brainware dapat dikatakan sebagai perangkat intelektual yang mengoprasikan kemampuan dari hardware ataupun software. tanpa adanya brainware maka Hardware ( Perangkat Keras ) dan Software ( Perangkat Lunak ) tidak akan bekerja secara maksimal atau tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Tingkatan Brainware

Pengguna yang mengoprasikan komputer bisa disebut dengan User. ada beberapa macam user contohnya sebagai berikut :


Orang yang sedang menerangkan analyst
1. System Analyst : Seseorang penanggung jawab atas penelitian, perencanaan dalam memilih perangkat lunak serta sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis maupun perusahaan. Seorang sistem analyst wajib memiliki 4 kemampuan atau keahlian seperti analisis, teknis, manajerial, dan interpersonal. system analyst juga memegang peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan sistem. dan satu hal terpenting seorang system analyst harus mampu untuk bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman, system operasi, serta perangkat keras yang digunakan.

2. Programmer : Seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menguasai bahasa pemrograman seperti bahasa C, Pascal, Java, Html, dan lain-lain. Programmer ini juga bisa dikatakan pembuat atau menciptakan suatu hal yang baru yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang sedang di rancangnya.
Seorang Programmer

3. Administrator : Seseorang yang bertugas mengolah suatu sistem operasi dan program-program yang berjalan pada sebuah sistem komputer.

4. Operator : Seseorang yang bertugas melayani dan menjalankan sistem maupun peralatan yang ada hubungannya dengan perangkat komputer tersebut. Operator ini memiliki tingkatan terakhir karena operator ini hanya bertugas untuk memainkan atau menggunakan komputer saja.

Itulah Pengertian dari Brainware dan tingkatannya sudah kita lihat bersama bahwa Brainware cukup penting pada komputer tidak hanya hardware dan software saja yang terpenting dalam komputer.
Kesimpulannya bahwa Hardware ( Perangkat Keras ) , Software ( Perangkat Lunak ) dan Brainware merupakan komponen Tri Tunggal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain, jika ada satu komponen yang tidak ada maka komputer tidak akan berjalan secara maksimal. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda dalam bidang komputer dan bagi kalian yang ingin lagi mengetahui bidang komputer langsung saja kunjungi artikel kami selanjutnya.

1 komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon