Friday, July 1, 2016

Pengertian Software Beserta Jenis-Jenisnya

Software - Kata yang satu ini sudah tidak asing untuk kalian para pengguna komputer, karena software ini sangat penting bagi kalian yang sudah mengenal komputer, dan tanpa adanya software maka suatu komputer tidak dapat digunakan atau di operasikan, dan maka dari itu peran software untuk komputer ini sangat penting bagi kalian yang ingin mengetahui seberapa pentingkan software itu berikut penjelasan dari software.

Contoh Software atau Perangkat Lunak Aplikasi

Pengertian Software

Software atau bisa disebut dengan perangkat lunak. Mengapa disebut perangkat lunak ? karena software tidak dapat disentuh ataupun dilihat secara langsung oleh manusia berbeda dengan hardware atau perangkat keras yang dapat disentuh dan dapat dilihat langsung oleh manusia. Software juga dapat dikatakan penerjemah antara manusia sebagai pemberi intruksi dan komputer berperan sebagai pihak yang menerima intruksi.

Pengertian Software adalah sekumpulan data yang terdapat pada komputer, sekumpulan data yang terdapat pada komputer itu dapat berupa sebuah program atau intruksi yang akan menjalankan suatu perintah, Melalui software atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Jenis-Jenis Software atau Perangkat Lunak

Perangkat Lunak atau Software ini dibagi menjadi dua kategori yaitu perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak aplikasi.
  •  Perangkat lunak Sistem Operasi ( System Software )
Perangkat lunak sistem operasi merupakan software yang digunakan untuk menghubungkan               antara hardware dengan pengguna ( brainware ). Contoh dari perangkat lunak sistem operasi yaitu Microsoft Windows, Linux, Macintosh, dan Unix.
  • Perangkat Lunak Aplikasi ( Software Aplikasi )
Perangkat lunak aplikasi merupakan software yang dibuat untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu. dan perangkat lunak aplikasi ini juga sangat berperan penting terhadap komputer yang berfungsi untuk membantu pengguna ( brainware ) dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Perangkat lunak aplikasi ini sudah banyak kita temukan di komputer dan perangkat lunak aplikasi ini banyak sekali berbagai jenis seperti software aplikasi untuk editing yaitu Photoshop, CorelDraw. sofware aplikasi untuk membantu kita dalam persentasi suatu video atau kata-kata yaitu Power Point. software aplikasi untuk membuat sebuat surat atau kata-kata yang penting yaitu Word dan masih banyak lagi jenis software aplikasi.

Perangkat lunak ( Software ) ini juga dibedakan menjadi 2 macam yaitu software berbayar dan software free atau gratis.

Itu dia penjelasan mengenai Software ( Perangkat Lunak ) semoga bagi kalian yang membaca artikel ini dapat mengetahui apa itu Software dan menambah pengalaman anda dalam bidang komputer.

6 komentar

Wah ini yang paling sering muncul klok pas ujian.

Thanks infonya gan,bermanfaat banget

mantab, dapat eblajar lebih mendalam, dtunggu update nya gan...

Iyah gan, semoga artikel ini bermanfaat bagi Pelajar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"
EmoticonEmoticon